Translate

Tuesday 16 February 2016

MERUBAH MANUAL MESIN CUCI OTOMATIS MENGGUNAKAN TIMER

Assalamualaikum wr. wb.

Sehubungan dengan artikel saya yang telah lalu tentang cara merubah mesin cuci otomatis menjadi manual, kini saya akan mengulasnya kembali sebagai bahan referensi untuk rekan2 sekalian dalam menentukan pilihan diagram mana yang sekiranya mudah untuk dipelajari,difahami,diterapkan dan mudah pula dalam pengoperasiannya. Pada artikel sebelumnya diagram menggunakan 1buah timer wash dengan 6kabel dan saklar 6kaki, sedangkan pada artikel kali ini diagram menggunakan 2buah timer yaitu timer wash dan timer spin seperti pada gambar diatas. Berikut saya akan menjelaskan bagaimana  cara kerja rangkaian diagram tersebut, dalam rangkaian saya menggunakan timer wash 3kabel yang terdiri dari 1kabel arus listrik dan 2kabel untuk putaran kanan dan kiri pada dinamo sedangkan untuk timer spin terdiri dari 2kabel, satu kabel timer spin dicouple dengan kabel door switch dan kabel drain motor sedangkan kabel yang satunya dicouple dengan salah satu kabel timer wash yang terhubung dengan kabel dinamo, dalam hal ini apabila penyambungan kabelnya salah maka proses spin pun tidak akan terjadi. Misalkan, proses spin pada mesin akan terjadi apabila tabung berputar kearah kanan sedangkan pada penyambungannya kabel timer spin dicoupel dengan kabel arah putaran kiri maka proses spin pun tidak akan terjadi dan hanya pulsatornya saja yang akan berputar. Untuk pengisian airnya buka bagian selenoid/motor water inlet kemudian ambil inti besi yang ada didalamnya kemudian rangkai kembali lakukan pengisian air dengan membuka dan menutup kran, pada proses wash putar timer searah jarum jam maka pulsator akan berputar kearah kanan dan kiri secara bergantian pada proses ini door switch harus dalam keadaan terbuka (off) jika door switch dalam keadaan tertutup (on) maka  drain motor akan bekerja dan air didalam tabung akan terkuras. Kemudian beralih pada proses spin dalam hal ini door switch harus dalam keadaan tertutup (on) pada mesin cuci yang tidak dilengkapi door switch bisa menggunakan saklar on/off 2kaki, jika air dalam tabung sudah habis terkuras putar timer spin searah jarum jam maka tabung pun akan berputar dan proses pengeringan pun akan terjadi. Perlu diperhatikan jika semua proses telah selesai alangkah baiknya untuk mencabut aliran listrik pada mesin cuci hal ini untuk menghindari jika door switch dalam keadaan tertutup (on) dan drain motor akan terus bekerja yang akan mengakibatkan rusaknya drain motor tersebut. Sekian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat bagi rekan2 pembaca blog yang sangat sederhana ini yang banyak kekurangan2 didalamnya dan saya berharap pada rekan2 sekalian untuk memberikan saran dan masukannya sebagai referensi untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar dapat bermanfaat untuk semuanya.


Wassalamualaikum  wr. wb

3 comments:

  1. ground motor dan ground sumber AC nya kemana???

    ReplyDelete
  2. maaf saya sedang mencoba menerapkan diagram rangkaian yg agan berikan...tetapi saya bingung karena dlm diagram tidak ada kabel ground nya kemana...sedangkan mesin cuci saya ada kabel ground nya...saya bingung karna saya newbie...baru ingin mencoba..terimakasih mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  3. Jika tidak bisa cuci dan bilas tapi bisa spin perkiraan apa pak ?

    ReplyDelete