Translate

Thursday 18 June 2015

KERUSAKAN PADA MESIN CUCI SAMSUNG DIAMOND DRUM

Gbr.01 Diagram mesin cuci samsung

Assalamualikum wr. wb.

Alhamdulillah..akhirnya saya bisa kembali berbagi ilmu dan pengalaman tentang kerusakan2 pada mesin cuci setelah beberapa bulan vacum dikarenakan laptop yang saya gunakan error sehingga banyak data2 yang harus saya kumpulkan kembali untuk bahan referensi dalam tulisan diblog sederhana ini, dan saya mohon maaf karena belum bisa menjawab pertanyaan2 atau komentar2 pada postingan sebelumnya karena setiap kali saya pencet kolom balas hanya keluar tampilan about blank dan kembali lagi, ngak tau kenapa nanti saya coba cari tau penyebab dan solusinya agar bisa kembali berbagi ilmu dan menjawab pertanyaan dari rekan2 pembaca sekalian.
Pada kesempatan kali ini, kamis 18 juni 2015 yang bertepatan dengan awal bulan ramadhan 1436H kembali saya akan mengulas permasalahan atau kerusakan pada mesin cuci dan solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut. Pembahasan kali ini tentang mesin cuci samsung type diamond drum, yang mana walaupun type tersebut tergolong dalam keluaran terbaru dari merk samsung tidak terlepas dari masalah kerusakan yang akan timbul pada mesin cuci tersebut.

Gbr.02 modul samsung diamond drum

Gambar diatas adalah modul samsung type diamond drum tampak atas berikut komponen2 yang terdiri dari triac,resistor,elco,dc acmatic,relay,display dan lain sebagainya.

Gbr.03 bagian bawah modul samsung

Pada bagian bawah modul juga terdapat banyak komponen dan untuk menemukannya harus membuka plastik bagian bawah, untuk membukanya saya biasa menggunakan solder yang dibalik ujung mata soldernya kemudian dipipihkan menggunakan gerinda atau palu sehingga bentuknya menyerupai bilah pisau yang berfungsi untuk memotong plastik tersebut.
Berikut adalah uraian singkat dari kerusakan2 yang sering terjadi pada mesin cuci samsung type diamond drum dan cara mengatasinya.
  1. Keluar asap pada bagian esel pintu : Penyebabnya adalah socket penghubung antara modul dan mesin lembab sehingga socket tersebut konslet dan terbakar. Cara mengatasinya dengan membuang socket tersebut, potong kabel2 yang terhubung kemudian sambung kembali sesuai dengan warna kabel tersebut.
  2. Semua tombol berfungsi kecuali tombol start sehingga mesin cuci tidak dapat beroperasi sama sekali : Penyebabnya adalah jalur kelistrikan tombol start pada modul putus sehingga arus tidak mengalir ketombol start. Cara mengatasinya, pada modul terdapat kawat jumper pinout dengan kode J12 dan J26 (lihat gbr.02) kedua kawat tersebut adalah pinout dari IC KID65783AF yang terhubung dengan kedua kaki tombol start, biasanya jalur J12 yang terputus. Solder kawat J12 berikabel secukupnya kemudian sambungkan kesalah satu ujung kaki tombol start (yg terdekat dengan elco 22uf/450v) sebelum menjumper sebaiknya cobalah dulu dengan mengkonek (menghubungkan sesaat) kawat J12 dan J26 apakah mesin dapat beroperasi jangan lupa pencet tombol power sebelum mengkoneknya.
  3. Tidak bisa mengisi air : Penyebabnya adalah selenoid tidak bekerja sehingga air dari kran tidak bisa mengalir masuk ketabung. Cara mengatasinya cex selenoid apakah masih dalam kondisi baik tidak terbakar/konslet bisa dilihat dari bentuk fisiknya bila terbakar/konslet bisa dipastikan bagian modul juga ikut konslet terutama pada bagian triac ACS1086S (lihat gbr.03) untuk mengganti triac tidak harus sama serinya biasa juga dengan seri BCR1AM, BCR08, BT131, atau transistor triac yang sejenisnya.
  4. Air tidak bisa terkuras dan muncul kode 5E : Penyebabnya adalah drain motor tidak berfungsi karena arus listrik yang menuju drain motor tersebut tidak ada, hal ini sering terjadi karena resistor (620 ohm) pemicu gate triac ACS1207S mati (lihat gbr.03) atau jalur dari IC ILN2003 yang menuju resistor tersebut putus (lihat gbr.04). Jika ternyata drain motor masih berfungsi dan bisa menarik katup seal pembuangan air maka bisa dipastikan lubang pembuangan air tersumbat kotoran atau uang logam.
  5. Mesin mengisi air dan membuang air secara bersamaan : Penyebabnya adalah jalur socket kabel selenoid dan drain motor pada modul konslet (lihat gbr.02). Cara mengatasinya dengan membuka plastik bagian bawah socket tersebut menggunakan solder yg sudah dipipihkan ujungnya, akan terlihat ujung jalur selenoid dan drain motor pada pcb yang letak solderannya sangat berdekatan kedua jalur tersebut terjadi jalur karbon sehingga kedua jalur tersebut terhubung, pisahkan jalur karbon menggunakan pisau cutter hingga bersih sehingga keduanya tidak terhubung lagi.
  6. Bocor : Penyebabnya adalah selang kontrol water level pada tabung lepas. Cara mengatasinya, buka tutup belakang mesin kemudian cari selang kecil berwarna bening yang terlepas dari tabung kemudian pasangkan kembali.
  7. Tidak bisa proses pengeringan : Penyebabnya adalah pada saat pencucian pulsator hanya berputar searah saja yaitu kekiri, ini bisa dideteksi dengan cara pencet tombol power dan start kemudian perhatikan putaran pulsator (tanpa pakaian). Cara mengatasinya, biasanya resistor dengan nilai 300 ohm putus (lihat gbr.02) resistor tersebut adalah pemicu gate pada triac BCR12LM atau jalur dari IC ILN2003 yang menuju resistor tersebut putus (lihat gbr.04)
  8. Mucul kode 1E pada display : Penyebabnya adalah water level rusak/bermasalah atau kabel yang terhubung ke water level putus karena dimakan tikus.
  9. Mucul kode 4E pada display : Penyebabnya adalah suplay air dari kran kurang kencang sehingga pengisian air terlalu lama cex filter pada selenoid biasanya tersumbat kotoran atau selang kontrol water level lepas (lihat no.5)
  10. Karena kecilnya jalur pcb seringkali jalur tersebut putus sehingga mesin tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya, gambar dibawah (gbr.04) adalah jalur yang sering putus dan untuk mengatasinya bisa dengan menjumper jalurnya dengan paduan gambar dibawah.
gbr.04 jalur pinout samsung diamond drum

Demikian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat untuk semuanya karena sekecil apapun ilmu yang kita punya jika diamalkan dan bermanfaat untuk sesama tentulah akan mendapatkan balasan dan berkah baik di kehidupan dunia terlebih di kehidupan akhirat kelak, amin..
Silahkan kirim komentar/pertanyaan untuk hal2 yang kurang jelas insya Allah akan saya bantu semampu saya, dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1436H

Wassalamualikum wr. wb.

123 comments:

  1. Kalau mesinnya mati total itu bagian apanya biasanya gan? Saya cek sekring tidak putus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab,berarti kendalanya ada pada modul

      Delete
    2. Punya saya sudah diganti Valve otomatisnya yg baru masih ada airnya mengalir terus apa yg rusak bisa ditunjukin apa yg rusak dan alatnya apa

      Delete
    3. Sama punya saya juga begitu, kondisi mesin mati air juga mengalir terus.

      Delete
  2. kabel mesin bagian belakang putus semua dimakan tikus, punya gambar jalurnya gan

    ReplyDelete
  3. Ada skema modul samsung wa80va

    ReplyDelete
  4. Kalo punya saya mati total tapi tegangan 220v normal,kira2 apanya yah?

    ReplyDelete
  5. Kalo punya saya mati total tapi tegangan 220v normal,kira2 apanya yah?

    ReplyDelete
  6. Pd modulnya ada yg terbakar keluar asap mungkin bs diservice

    ReplyDelete
  7. Makisih..mas..tutorialnya sy sdh servis sendiri mesin cuci sdh bisa normal kembali...mudah2an mas d mudahkan risqiny..d lancarkan urusannya...sm ALLOH...ammiinnn..trus buat tutorial yg bisa yg bermanfaat untk semua..semangat mas.

    ReplyDelete
  8. Mesin cuci mati trus hidup sendiri dan terus kaya gitu yg error kira-2 apanya ya gan...??

    ReplyDelete
  9. Mesin cuci suka mati trus nyala sendiri eeehhh skrg malah tiba2 mati tuh apanya y mas

    ReplyDelete
  10. Mesin cuci bisa hidup level water 5 bisa bilas nanti kl sudah bilasan pertama mau bilasan kedua gak bisa mutar kl mutar gak mati2 mas, terpaksa saya matikan hidupkan lagi setelah beberapa menit untuk spin bisa juga mutar mas tapi gak bisa mati eror gitu, kenapa y rusaknya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, dengan punya mertua ku,
      Butuh info juga..
      #tinggal jejak

      Delete
    2. Sama mba dengaan punya mertua ku, apa mungkin kena no 4 dan 9

      Delete
  11. Punya saya mas, pd saat di hidupkan nyalanya hanya let mera saja .. kira2 apa kwrusakannya ya mas

    ReplyDelete
  12. Semua kerusakannya kayaknya ada pada modulnya..oastijan kabel gak ada yg putus

    ReplyDelete
  13. Terima kasih benar2 membantu semoga jadi amal jariyah.Aamiin

    ReplyDelete
  14. Mesin tdk mau mutiara sedangkan fungsi tombol normal.

    ReplyDelete
  15. Nilai kapasitor C23 dan C25 berapa master?

    ReplyDelete
  16. pas x mas.. kerusakanny tidak bs start.. sy coba dahulu,mudah2an bs...

    ReplyDelete
  17. Maaf kalo misal motor drainase g narik apanya y... G ada kode eror dan motor drainase coba manual normal.... Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab,coba cek motor dinamo drain nya

      Delete
  18. Mesin mati mendadak dan klau dicabut colokannya didiamkan sebentar baru jalan lagi sebentar dan mati lagi, apanya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih kasusnya kayak saya, apa gara2 power supply ya?? mohon pencerahannya

      Delete
    2. Cek tegangan listriknya menggunakan avometer

      Delete
  19. Mesin cuci saya hidup, dan begitu mulai mulai operasi gak lama kemudian mati, dan gak bisa lg hidup tapi selang beberapa menit lg saya colok kan bisa hidup lg dan begitu operasi mati lagi dan selalu terus2an gitu.
    Kira2 apa y harus diperbaiki ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti punya saya, apa yang harus diperbaiki?????

      Delete
  20. Jika tidak bisa cuci dan bilas tapi bisa spin perkiraan apa pak?

    ReplyDelete
  21. Kalau di on kan gak bisa nyala itu yang rusak komponen yang mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seprti nya masalah nya sm kayak sy...punya sy kelistrikan pd mesin cuci nya si normal

      Delete
  22. mesin cuci samsung diamond wa80v3 1 tabung mati total, sy cek ke listrik anya normal, kira kira apa yg masalah yahh gan??mohon penjelasanyaa.trima kasih

    ReplyDelete
  23. Untuk point 2 sy sdh coba tes jalur j12-j26 tidak putus ke tombol start. Dan sdh sy coba tes koneksi j12 ke j26 masih belum mau start. Apa lagi yg harus d cek bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus sama nich om,tapi rencana nya mau cek dulu jalur pinout dari ic kid nya

      Delete
  24. mesin cuci samsung diamond drum saya fidak bisa spin...muncul kode DE sedangkan kabel swit pintu nya udah saya gabung...dan tegangan arus nya cuma 2,5v aja...kira2 apa ya mas

    ReplyDelete
  25. Mau jual modul,water pressue,drain motor,dynamo model wa800v4

    ReplyDelete
  26. Mesin cuci saya power nyala tapi mati trus hifup lagi truz mati lagi. Ada punyi klik dep. Klik dep... Klik dep..
    Tolong mas.

    ReplyDelete
  27. Bagaimana cara nerubah outomatik menjadi manual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan beberapa saklar dan timer , tapi banyak 😀

      Delete
  28. mesin cuci saya w65v4,modul hidup dan indikator waktu bergerak, tapi mesin cuci tidak berfungsi, air tdk keluar dan drum tidak berputar tp tidak ada kode error apapun,apakah kemungkinan dinamonya yg rusak yah?soalnya sebelumnya sering ada suara dinamo berdengung pdhl mesin tdk dipakai,makasih

    ReplyDelete
  29. Mas...kalo airnya ngalir terus knp ya??ngisi terus gak berhenti

    ReplyDelete
  30. Mas....mau tnya kalau tidak bisa isi air saya sdh cek valve ok, triac ok, tapi masih lom isi air kira2 komponen apa yg harus di cek... Tq

    ReplyDelete
  31. Kalau mesin nya mati terus di cabut colokan nya agak lama dikit ,terus di colok lagi dia hidup tapi sebentar aja terus mati lagi .
    Itu apa nya ya yang rusak ?

    ReplyDelete
  32. Mas..punya saya dinamo gk mau mutar padahal semua normal,kira2 apanya mas
    WA70v4

    ReplyDelete
  33. mohon pencerahannya pak.. punya saya mesin cuci merk samsung WA80V4
    pada saat pencucian tahap pertama pengeringan air bisa keluar, setelah pencucian tahap ke dua pengeringan tidak berfungsi.. itu kenapa ya pak?
    mohon pencerahannya pak..


    padahal saya sudah ganti drian motornya dengan yg baru tapi tetap saja sama kejadiannya seperti itu..


    terima kasih pak

    ReplyDelete
  34. Mohon pencerahannya om. Punya saya Samsung WA70VA. Pada saat di telan tombol Start muncul Kode (ti). Semua tombol tdk berfungsi. Mohon bantuan nya om. Trima kasih

    ReplyDelete
  35. Mau konsultasi gan,,,ini saya punya masalah kode 1E dan 0E ditambah indikator wator myala di bagian Low trs,,,sehingga tidak bisa dioperasikan, syaa jg sudah ganti water level yg batu,,,bgmn solusinya,,terima kasih

    ReplyDelete
  36. Kalau waktu nya nyuci mesin bernyayi tandanya selesai kan? Tp ga mati sendiri masih hrs d pencet powernya itu kenapa ya? Di layarnya ada tanda tabung merah itubapa mksdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab..untuk tabung merah harus cuci tabung.atur cuci program cl3an tube

      Delete
    2. Jika ini benar.sangat membantu.

      Delete
  37. Mau tanya bg
    Gambar 02 .dekat drain motor ada kuning bulat kaki 2 .tu namanya apa dan ukuran nya brapa.
    Punya saya itu yang gosong .

    ReplyDelete
  38. Punya saya water level nya Ga nya mohon Bantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa membantu, di cek kabel yg ada di bawah tutup belakang gan,biasanya ada yg putus disitu.. (Yang masuk ke pressure switch)

      Delete
  39. Sangat membantu gan, setelah baca, lgsg tau mana yg hrs dicari.. Hrsnya produsen kasih penjelasan kode2 error gini.. Mantap

    ReplyDelete
  40. Gan, numpang tanya dong.
    Mesin Cuci saya dirumah sama persis typenya seperti ini.
    terjadi masalah, saat pertama kali dihidupkan nyala.
    tapi saat saya start buat proses mencuci, mesin selalu ngerestart saat air mulai masuk 1 atau 2 detik.
    dan akan nyala sendiri dan start lagi, tapi setelah 2 detik mati lagi. begitu seterusnya.

    kira2 bagian apakah yang bermasalah gan?

    kemaren sempet kayak gitu, tapi tiba2 bisa sendiri,
    tapi sekarang proses itu sudah terjadi lebih dari 2 hari, mohon pencerahanya..,

    Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Samsung type wa90f4..semua tombol berfungsi kecuali air tidak mau masuk..saya cek water inlet langsung ke listrik air masih mau keluar...IC saya ganti bt131...tapi tetep ga mau air masuk...minta bantu solusinya bos... ditunggu .. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow iya arus listrik dari mesin ke water inlet,kabel coklat dan kuning ada arus listrik, saya cek dengan tespen..bantuannya ya bos

      Delete
  42. Mas mau tanya. Mesin cuci saya sama persis dg gambar di atas.
    Permasalahannya gak bisa mengeringkan. Semua sistem berjalan normal. Namun ketika Spin, air sdh keluar dinamo berputar sebentar sdh itu gak mau berputar sampai waktunya habis.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Mau konsultasi gan,,,ini saya punya masalah kode 1E dan 0E ditambah indikator wator myala di bagian Low trs,,,sehingga tidak bisa dioperasikan, syaa jg sudah ganti water level yg batu,,,bgmn solusinya,,terima kasih

    ReplyDelete
  45. Mesin cuci tidak mau keluar air pembuangan dicek tidak ada yg mampet, cek motor drain Oke, apanya kira2 mas.

    ReplyDelete
  46. Samsung diamond drum tipe wa90f4,kabel di gigit tikus,sudah saya sambung sesuai warna,tapi begitu di colok ke listrik,( tombol on/of) belum di pencet.tapi di lcd muncul *1E* dan tidak bisa berfungsi sama sekali.

    ReplyDelete
  47. Gan, mau nanya nih... mesin cuci saya tipe WA90F4. Kao dioperasikan secara mode komplit (wash-rinse-spin), mesin cuci berfungsi normal. Biasanya saya setel supaya diakhir proses, mesin cuci akan mengisi air lagi supaya saya bisa merendam pakaian pakai pewangi/softener. Setelah direndam selama setengah jam, biasanya saya hidupkan kembali mesin cucinya dan memakai mode spin saja (utk pemgeringan akhir). Nah, pada saat dioperasikan di mode pengeringan (mode spin) inilah masalah baru muncul. Setelah air terkuras abis, selanjutnya mesin cuci hanya diam saja (tidak mau spin). Padahal diproses awal, mesin bisa spin dengan baik..... Kira2 apakah rusak di modulnya ya? Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  48. Mesin cuci saya hidup, dan begitu mulai mulai operasi gak lama kemudian mati, dan gak bisa lg hidup tapi selang beberapa menit lg saya colok kan bisa hidup lg dan begitu operasi mati lagi dan selalu terus2an gitu.
    Kira2 apa y harus diperbaiki ?

    ReplyDelete
  49. Sippp.. sangat membantu tutorialnya
    Semoga banyak berkah gan

    ReplyDelete
  50. Kalo punya saya, begitu start tombol water level menyala low high dll, tp tabung tidak berputar dan air tidak mengalir, kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  51. Kalo punya saya, begitu start tombol water level menyala low high dll, tp tabung tidak berputar dan air tidak mengalir, kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  52. Bang kenapa ya mesin cuci saya awalnya tombol start nya error' begitu sudah bisa pas di tes langsung mati total kenapa ya bang?

    ReplyDelete
  53. Siang Masss....
    Mau tanya? Nilai Capasitor pd gbr.no2 didekat connector Selenoid dan Drain Motor brp ya nilainya. Soalnya terbakar dan tidak tau lagi nilainya. terimakasih

    ReplyDelete
  54. Masalah yg saya alami sekarang sama persis pada kasus no 5 :Mesin mengisi air dan membuang air secara bersamaan

    ReplyDelete
  55. Mesin mengisi air dan membuang air secara bersamaan :
    Cara berikut sdh saya lakukan supaya ditak short antara 2pin tsb. tetapi masih sama. dan terdapat capasitor yg terbakar dideka soket tsb. tidak tau lg nilainya berapa Masss. Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Puya saya dipencet tombol power ga nyala apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, punya saya seperti itu juga.
      Modul power supply di cek OK, 12vdv dan 5 vdc ada.
      Kira2 apanya ya?

      Delete
  57. Mantap, mesin cuci saya, sudah saya service 5 kali. Semuanya sudah terjadi di mesin saya. Rusak dari nomor 2, 3, 4, 5 & 7. Sangat bermanfaat. Mesin jadi ga usah beli baru sampai 7 tahun

    ReplyDelete
  58. Mesin cuci saya masalah awal tidak mau mengisi air otomatis, namun setelah diisi air secara manual dan mulai dioperasikan malah menguras dan ketika air dlm tabung sudah habis barulah mesin berputar untuk mencuci, mohon bantuannya.. apa sebenarnya masalah pada mesin cuci saya

    ReplyDelete
  59. Ikut nanya mas gan,punyaku type diamond drum, tombol on dipencet motor water outlet lgsung narik membuka terus gak mau nutup,kerusakan dimana ya, harus ganti komponen triac nya apa sebab laen ,trims

    ReplyDelete
  60. terima kasih sharing ilmunya, mau namya gan, ketika tombol power dinyalaian, drain motor ikutan bekerja, sehingga menarik katup pembuka pembuangan air, otomatis ketika pada saat mencuci, airnya ga pernah penuh selalu keluar krn katupnya terbuka, kira2 apanya yg rusak , mhn solusi dan pencerahannya...Terima kasih byk

    ReplyDelete
  61. Maaf bang, triac motor drain dan inlet air apakah serinya sama

    ReplyDelete
  62. Maaf mau tanya,punya saya kalau tombol power di tekan air langsung keluar(seharusnya kan nyala kalau di tekan tombol start kalau di pouse harunya mati),dulu pernah ganti triac acs1085s dengan triac 131s

    ReplyDelete
  63. Maaf mau tanya om..saya lagi memperbaiki modul Samsung type wa80h4000sw penyebab nya dibagian soket drin motor water inlet nah Aisi nya terbakar mau nanya type sisinya kaki tiga gosong jembluk..makasih min

    ReplyDelete
  64. Maaf mau tanya om..saya lagi memperbaiki modul Samsung type wa80h4000sw penyebab nya dibagian soket drin motor water inlet nah Aisi nya terbakar mau nanya type sisinya kaki tiga gosong jembluk..makasih min

    ReplyDelete
  65. Maaf mau tanya om..saya lagi memperbaiki modul Samsung type wa80h4000sw penyebab nya dibagian soket drin motor water inlet nah Aisi nya terbakar mau nanya type sisinya kaki tiga gosong jembluk..makasih min

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. gan nanya sy punya mesin cuci samsung wa85w9 pcb gosong bag resitor.mau sy ganti modul set nya ,tp kok bnyakan yg dijual type soket pling kiri yg ke presure switch model gede (7pin) sedangkan punya sy soket kecil 4 pin.apakah bs dimodif?

    ReplyDelete
  68. 2 menit setelah start..contoh 48 menit di menit 46 dia kembali ke 48 menit kembali ke awal .modul eror tapi tidak ada kode eror modul mati hidup terus relay sudah coba ganti tetap seperti itu .apakah master" pernah ngalamin seperti itu
    Terima kasih

    ReplyDelete
  69. Maaf gan mau nanya untuk ukuran ce2 di papan modulnya ukuran dan kapasitasnya berapa gan...yg bekasnya abis di gigit tikus...terima kasih

    ReplyDelete
  70. Maaf gan mau nanya untuk ukuran ce2 di papan modulnya ukuran dan kapasitasnya berapa gan...yg bekasnya abis di gigit tikus...terima kasih

    ReplyDelete
  71. kalau saya mesin cuci samsung tidak mau di tekan tombol spin tidak nyala
    tapi tombol dalam keadaan bagus di cek apometer bagus , msin cuma bisa wash dan drain, pencet spin tidak bisa, cuci masih gerak kiri dan kanan. kira kira apanya ya master...pusing aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di reset dulu nDan mana tahu masih bisa up

      Delete

  72. WAR BIASAH Mohon info Bos....modul lain lancar tapi dinamo spin nggak mau narik, arus dari kabel atas ke socket PIN keluar lancar 220 - 230 tapi dinamo nggak jalan, dinamo dicolok manual dari panel listrik dinamo jalan dan bisa narik katup, pertinyiinnyi saat socket dipasang ke dinamo SPIN dan tombol SPIN dinyalakan arus 220 - 230 nya hilang tapi kalau di jumper manual langsung dari listrik dinamo muter dan bisa narik katup....apakah ini rusak modul spinnya kalau iya bagian mana dan komponen apa yang harus diganti Bos....jika berkenan menjelaskan saya ucapken Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ini solusinya punya saya sama kasus nya

      Delete
  73. mas, mohon info lokasi dan no hp yang bisa di hub

    ReplyDelete
  74. Kalau mesin cuci tidak mau berputar gan sudah di strat muncul kde 4E gan..solusi nya gmna ya

    ReplyDelete
  75. Di elco 450v kalau dipegang ada strum.apakah ini normal.mohon penjelasannya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  76. Sangat bermanfaat ilmunya bg,terimah kasih banyak,dan smoga panjang umur

    ReplyDelete
  77. Mesin cuci saya wa80v4 tidak bisa on, kenapa ya? Padahal kabel ok,

    Tolong para master apa yang harus di lakukan untuk memperbsikinya

    ReplyDelete
  78. Mesin cuci wa80va4 tidak mau nyala, kabel ok, tegangan ok..adakah solusinya

    ReplyDelete
  79. Modul mesin cuci wa70v4 pada input ac line220v ada resistor terbakar dan kapasitor 222k dekat relay juga kebakar dan berapa omh ukuran resistornya mohon solusinya...?tks

    ReplyDelete
  80. kalo ada resistor yg kebakar itu penyebabnya apa, dan untuk mengetahui nilai resistor tersebut bagaimana
    terimakasih

    ReplyDelete
  81. kalo ada resistor yg kebakar itu penyebabnya apa, dan untuk mengetahui nilai resistor tersebut bagaimana
    terimakasih

    ReplyDelete
  82. Mesin gk bs nyala tp no angka di start menyala gk bs berubah no angka td gmn
    Thanks

    ReplyDelete
  83. Minta solusinya bos.mesinku diamon seriwa80v4. Kenapa ya begitu di pencet tombol power sebentaran langsung sensor bunyi

    ReplyDelete
  84. Halo all...mesin cuci saya WA90F4, saat pengisian selesai dan motor mulai berputar listrik/ncb langsung jepret sudah dicoba coba semua mode sama langsung jepret saat motor mulai mutar...mohon pencerahaannya...thx

    ReplyDelete
  85. How to check memory ic. Pls

    ReplyDelete
  86. Kalau beli triac dimana yaa

    ReplyDelete
  87. Bisa minta no wa bos, sy mau nyervise mesin cuci

    ReplyDelete
  88. Minta pencerahan. Mesin cuci saya wa90fa modul / pcb nyala semua pada proses mulai tetapi dr mesin / pengisian air tidak asa pergerakan...boleh info nya kira2 apa...

    ReplyDelete
  89. Matursuwun & terima kasih🤗

    ReplyDelete
  90. haturnuhun and trimakasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  91. Resistor jalur water inlet ukuran nya berapa

    ReplyDelete
  92. Mas mesin cuci samsung saya tidak bisa sepeet ceoat pengeringan.kira kira apa masalahnya

    ReplyDelete
  93. Modul Samsung diamond TDK bs start

    ReplyDelete
  94. Bang punya ic micomnya gak D78F0524...tks

    ReplyDelete