Translate

Wednesday 8 October 2014

MERUBAH MANUAL MESIN CUCI OTOMATIS


Assalamualaikum wr. wb
Salam sejahtera bagi para pembaca sekalian. Sebelumnya saya mohon maaf karena kurangnya fast respon saya pada komentar2 postingan saya sebelumnya dikarenakan kesibukan yang akhirnya jarang mengunjungi blog saya ini. Masih berlanjut pada postingan saya sebelumnya tentang kerusakan pada mesin cuci otomatis.
Kerusakan panel control (modul) sering terjadi pada mesin cuci otomatis dan jika ingin mengganti dgn modul yang baru maka kita harus mengeluarkan biaya yang tidak bersahabat karena modul yang baru memang cukup mahal, dan untuk memperbaikinya pun tidaklah mudah diperlukan keahlian khusus dan berpengalaman dibidangnya. Nah bagaimana mengatasinya agar mesin cuci dapat berfungsi kembali dan tentunya dengan biaya yang terjangkau, maka kita harus merubah sistem otomatis mesin cuci tersebut kesistem manual seperti pada mesin cuci dua tabung. Diagram diatas adalah rangkaian kelistrikan untuk merubah sistem otomatis menjadi sistem manual, berikut saya akan menerangkan bagaimana cara kerja rangakain tersebut dan bahan2 apa saja yang perlu dipersiapkan.

BAHAN
1- Timer wash 6kabel dan knop nya
2- Saklar toklek type on/off/on 6kaki
3- Saklar on/off 2kaki
4- 2buah baut untuk memasang kedudukan timer



CARA KERJA RANGKAIAN
Timer wash 6kabel tediri dari 2buah kabel arus utama (tidak masalah jika terbalik dlm pemasangan) pada gambar saya beri warna hitam dan abu-abu, 2buah kabel mode normal dan strong (biasanya kedua kabel lebih pendek, dipakai salah satu saja) pada gambar saya beri warna coklat dan hijau dan 2buah kabel konektor putaran kanan dan kiri (biasanya kedua kabel lebih panjang) pada gambar saya beri warna merah dan biru.
Pada mesin cuci otomatis terdapat 4buah kabel yang terhubung dengan dinamo dan drain motor, kabel tersebut terdiri dari 1buah kabel common/utama, 2buah kabel arah putaran kanan kiri dinamo, dan 1buah kabel drain motor. Saklar toklek type on/off/on 6kaki berfungsi sebagai pergantian proses wash dan proses drain atau pembuangan air sedangkan saklar on/off 2kaki berfungsi sebagai saklar spin atau proses pengeringan, saklar on/off 2kaki bisa diganti dengan water level manual type NC (normaly close) sehingga apabila air sudah terkuras habis maka proses spin dapat berjalan secara otomatis.
Pada saat proses wash putar timer searah jarum jam secara penuh, pada proses ini timer berkerja kurang lebih selama 15menit setelah selesai arahkan saklar on/off/on 6kaki pada proses drain, putar timer sedikit saja kira2 agar prosesnya berjalan selama 5menit tunggu setelah air terkuras habis kurang lebih selama 1-2menit setelah air terkuras habis pencet saklar on/off 2kaki pada posisi on, maka proses pengeringan pun akan terjadi dan terhenti ketika timer off, pada umumnya saat proses pengeringan tabung berputar kekanan, pada merk tertentu ada juga yg berputar kekiri, jika pemasangan kabel putaran kanan dan kiri dari dinamo terbalik maka pada saat proses spin tabung tidak akan berputar dan hanya pulsatornya saja yang akan berputar.
Demikian ulasan dari saya semoga bermanfaat mohon maaf apabila ada salah2 kata mengenai pertanyaan atau hal2 yang kurang jelas silahkan tulis pada kolom komentar
Wassalamualaikum wr. wb.

6 comments:

  1. padahal kabel pada timer pengering sudah di pasang atau di coba di semua arah putaran tapi hasilnya masih juga pulsatornya saja yg berputar sedangkan tabuh ngak mau berputar.. mohon bantuannya terima kasih

    ReplyDelete
  2. Coba Cek per baja pada gear box,biasanya patah kalo tabung ga mau muter

    ReplyDelete
  3. Kalau mesin cuci pakai bubble generator, skemanya bagaimana mas?. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Trmksh info bermanfaat ini

    ReplyDelete
  5. walah pak skemae itu bener ta, aku praktek ternyata malah konslet motor mesin cucinya

    ReplyDelete
  6. Skema saya pernah praktekkan ok kok.. Trims ilmu nya ya...

    ReplyDelete